IIBF Klaten Ingatkan Masyarakat Akan Bahaya RIBA

  by

Iibf-indonesia.com – Merupakan sebuah kenikmatan yang luar biasa karena kita dipertemukan dan berada pada bulan ramadhan. Bulan penuh berkah, rahmat dan ampunan SWT. Selain amal shalih dilipatgandakan pahalanya, keberkahan dan keistimewaan lainnya adalah terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan, itulah malam lailatul qadar.

Pada bulan ini juga Allah SWT menurunkan Alqur’an yang menjadi petunjuk bagi umat manusia terutama bagi orang-orang yang senantiasa mendambakan sebuah kehidupan yang penuh ketenangan, kebahagian, serta sukses yang sejati didunia dan akherat.

Nah di Indonesia sendiri ada kebiasaan unik yang selalu dilakukan menjelang berbuka puasa di bulan Ramadhan. Yup, ngabuburit! Banyak hal-hal seru yang bisa kamu lakukan di saat-saat ngabuburit. Waktu ngabuburit, apa aja sih yang kamu lakuin?

Belum lama ini, pengusaha lintas komunitas seperti Pekamas, m2hijrah, Relawan BRI, DSH, IBM dan PPMI Soloraya yang di motori oleh IIBF Cabang Klaten mengadakan ngabuburit dengan menggelar aksi simpatik di Klaten untuk mengingatkan saudara sesama muslim agar tidak larut dalam iklim konsumtif apalagi masih bernafaskan praktek ribawi menjelang idul fitri kali ini maupun dalam kehidupan sehari-harinya.

“Apa pentingnya seorang muslim menggadaikan kehidupannya agar terlihat sukses, terlihat kaya, terlihat kehidupannya hebat namun ternyata semuanya itu mempergunakan cara cara ribawi. Mobil atau motor mewahnya kredit di leasing ribawi, Belanjanya hutangan pakai kartu kredit, rumah besar namun itu KPR Ribawi atau hutangan bank ribawa belum lunas. Semuanya riba riba dan riba. Padahal Allah subhanahu wata’ala melarang seorang muslim memakan harta riba.” terang koordinator aksi melalui release.

Aksi tersebut mulai dari bagi takjil, pasang baliho antiriba, pembagian buku anti riba bahkan akan ikut memberikan pendampingan dan advokasi gratis yang sungguh-sungguh ingin berhijrah dan taubat dari riba. Bagi yang ingin mengenali lebih jauh bahaya riba juga bisa menghadiri seminar anti riba akan diselenggaran setelah ramadhan ini.

Dengan berbagai keistimewan dan keberkahan ramadhan, semoga Allah bimbing kita semua menuju jalan hijrah, meninggalkan praktek ribawi dalam setiap aktivitas yang kita lakukan dan menjadikan kita sebagai pribadi-pribadi yang kian bertaqwa.

Bagaimana kita akan bahagia, memperoleh ketenangan hidup bahkan menuai kesuksesan hakiki jika masih memposisikan diri sebagai musuh Allah dan Rasul-Nya? Hal ini sudah Allah peringatkan sebagaimana termaktub dalam QS Al Baqarah : 278-279). ANS