Wednesday, 01 October 2014
16 Kelompok Lolos Ikut “One Month Entrepreneurs”
Written by Administrator    Sunday, 21 March 2010 19:26    PDF Print E-mail



Semarang, 15/07/2010, Setelah melalui seleksi yang cukup ketat, 17 kelompok dinyatakan berhak mengikuti program One Month Entrepreneurs yang diadakan IIBF di Semarang, Jawa tengah. Namun kemudian satu kelompok dinyatakan gugur setelah tidak bisa menunjukkan komitmen mengikuti program ini. “Kita terpaksa menggugurkan satu kelompok karena ada beberapa tugas dan persyaratan yang tidak bisa mereka penuhi,” Mashudi, PO OME menjelaskan. Dalam screening awal ada 59 group yang lolos mengikuti seleksi tahap kedua. Namun pada seleksi terakhir tanggal 15 Juni lalu panitia memilih 17 kelompok meskipun akhirnya  menetapkan 16 kelompok yang berhak ikut program ini. “Ini program serius dan hanya diberikan kepada mereka yang  komit  mengejar sukses,” Mashudi menambahkan.
 
Berbagai ekspresi ditunjukkan oleh para peserta ketika dinyatakan lolos. Nanang, ketua kelompok “shohib centre” misalnya, langsung bersujud begitu panitia mengumumkan bahwa kelompoknya masuk dalam sepuluh besar dan berhak menerima Gold Certificate sebagai tanda keikutsertaan dalam program ini. Seleksi diadakan selama sehari di kantor IIBF Jawa Tengah, Jl. Simongan 69 Semarang. Peserta mempresentasikan semua tugas-tugas dan persyaratan yang kemudian dinilai oleh tim juri yang terdiri dari para Ambassador. Ambassador adalah para anggota IIBF yang telah dipilih oleh IIBF pusat untuk menjadi coach para peserta menjalankan bisnis selama program ini. 
 
Kelompok Abdurrahman bin Auf kemudian dinyatakan sebagai kelompok peraih nilai tertinggi dalam seleksi ini. “Anda memang sekarang meraih nilai tertinggi, tetapi besok bukan berarti anda akan menjadi terbaik dalam program ini. Banyak orang gagal karena terlalu memuja kesuksesan masa lalunya. Tidak terlalu penting siapa yang memulai tetapi yang menjadi pemenang adalah mereka yang bisa sampai ke garis finish,” Sekjen IIBF, Aswandi As’an mengomentari yang disambut tepuk tangan oleh para peserta. 
 
Selama dua hari (16 - 17 Juli) para peserta mengikuti entreprenuerial training di ruang seminar fakultas teknik Unisula. Pematerinya adalah para coach IIBF dan satu sessi  khusus diisi langsung oleh presiden IIBF, Ir. H. Heppy Trenggono M,Komp. “Kalau anda gugur dalam program ini berarti anda menggugurkan diri sendiri. Karena saya dan semua para pengusaha IIBF yang ada dalam ruangan ini dan yang di luar sana menginginkan anda semua menjadi orang sukses. Sukses menjadi pengusaha dan sebagai orang kaya yang akan menjadi bagian dari kejayaan Indonesia ke depan,” Heppy menyemangati para peserta.
 
Di ujung training ini, panitia memilih dua kelompok yang videonya terbaik. Kelompok “shohib center” memenangkan predikat sebagai video terbaik. Dan “ember ijo “ memenangkan video dengan predikat paling memalukan. “Ember ijo terpiih karena videonya memang membuat semua orang tertawa dan membuat senang orang yang menyaksikannya,” kata Mashudi. Dan Tri Yogi Sulistyani dari kelompok “unbreakble” menjadi peserta terbaik dalam mengikuti   training ini. Usai training peserta ini langsung bisa memulai menjalankan usahanya. Pemenang program ini adalah mereka yang terbaik di penjualan, team, laporan keuangan, dan kreatifitas marketing yang akan dipresentasikan di depan juri sebulan kemudian.  Produk yang mereka jual dalam program ini adalah sponsor utama OME bubur kentang merk “Potayo”. (AA)
 
Last Updated ( Thursday, 22 July 2010 09:48 )