Sunday, 26 October 2014
Kemenakertrans - IIBF Bersinergi Bangun Entrepeneurship
Written by Administrator    Sunday, 21 March 2010 19:26    PDF Print E-mail


Semarang, 23/07/2010, Empat orang pejabat Kementrian Tenaga Kerja dan Transamigrasi (Kemenakertrans) Jum’at siang, berkunjung ke sekretariat IIBF Jawa Tengah, Jl. Simongan Raya 69 Semarang.  Ikut dalam rombongan ini Kepala Dinas Menakertrans Jawa Tengah dan Kepala Balai Latihan kerja Jawa Tengah. Kedatangan tim Menakertrans ini diterima langsung oleh Ketua Umum IIBF Jawa Tengah, Joni Iszunaji dan jajaran pengurus IIBF Jateng. “Kedatangan kami ini untuk melihat langsung kegiatan One Month Entrepreneur IIBF yang diadakan di Semarang ini.  Dan kalau memungkinkan kami juga ingin bersinergi guna menumbuhkan dan memperbanyak jumlah entrepreneur di Indonesia,“ kata Oon Kurnia Putra, Staf Ahli Senior Menakertrans, yang memimpin rombongan itu.

Dalam pembicaraan selama 1,5 jam itu pihak Menakertrans menyampaikan tentang upaya mereka untuk menumbuhkan pengusaha pemula dan cara untuk membinanya. Juga disampaikan tentang pembinaan pengusaha yang sudah berjalan tetapi usahanya mandeg atau bermasalah. “Ini sangat pas sekali dengan apa yang ada di IIBF. Kita  memberikan coaching bagi para pengusaha, membekali mereka dengan ilmu dan ketrampilam bisnis. Dan yang penting lagi di IIBF ini kita menciptakan support system untuk para pengusaha,“ timpal Joni. 
 
Project Officer OME, Mashudi  dalam forum itu menyampaikan tentang rencana IIBF untuk memperluas program OME ini ke beberapa kota. “Dari testimoni dan hasil yang kami lihat dari para peserta OME yang pertama ini membuat kami makin bersemangat untuk mengadakan program ini ke kota-kota lain,” kata Mashudi. Menurut Mashudi setelah lebaran program ini akan diadakan di lima kota bersamaan, Semarang, Surabaya, Jogjakarta, Bandung dan Jakarta . Pihak Menakertrans menyambut baik rencana itu dan akan membawanya ke Menakertrans di Jakarta. “Bagaimana nantinya acara ini dibuka langsung oleh Pak Menteri,” jelas Oon yang disambut tepuk tangan oleh forum.
 
Dalam bincang-bincang nonformal usai pertemuan itu, seorang pengurus IIBF Jawa Tengah, Ahmad Nursodik berbicara kepada beberapa anggota tim. ”Ada satu lagi yang bisa disenergikan antara IIBF dan Kemenakertrans, yaitu Enretepreneurship Government, yaitu sebuah upaya untuk  menciptakan budaya entrepreneur di pemerintahan. Kalau pemerintah sudah entrepreneur sangat mudah untuk menumbuhkan entrepeneurship di masyarakat,” kata Sodik yang disambut tawa oleh para anggota rombongan itu. (Sod)
Last Updated ( Wednesday, 28 July 2010 10:18 )