Wednesday, 01 October 2014
Setahun IIBF
Written by Administrator    Sunday, 21 March 2010 19:26    PDF Print E-mail


Semarang 9/8/2010. Ada tiga rangkaian puncak acara yang diadakan di Semarang menandai satu tahun lahirnya Indonesian Islamic Business Forum atau IIBF, “Setahun IIBF” yakni; Silaturrahmi Nasional, Sarasehan  Refleksi Perjalanan dan Berbagi Kebaikan. Silaturrahmi Nasional dan Sarasehan dipusatkan kantor IIBF Semarang jalan Simongan 69 Semarang. Sementara Berbagi Kebaikan diadakan di Desa Sriwulan, kecamatan Sayung, Demak.
 
Silaturrahmi Nasional diisi dengan sosialisasi pedoman dan ketentuan organisasi yang dipimpin oleh Direktur Program IIBF, Edi Cahyanto. “Semua jajaran terutama pengurus harus memahami ketentuan dan pedoman organisasi. Ini penting, agar mekanisme organisasi dapat berjalan efektif,”  kata Edi. Masing-masing pengurus dari Tiga Wilayah; Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur serta dua Cabang,, Solo dan Jogjakarta hadir dalam Silatnas ini. Dalam usia satu tahun IIBF sudah hadir di tiga propinsi dan   dua kotamadya. 
 
Sell it before we build it, itulah prinsip yang kita pakai dalam membangun IIBF. IIBF lahir bukan by design tapi by accident  karena banyaknya para pengusaha yang mendatangi Pak Heppy mengadukan masalah bisnisnya,” Sekjen IIBF, Aswandi As’an mereview perjalanan IIBF. Menurut Aswandi, sebagaimana kita membangun perusahaan, membangun IIBF harus mulai dengan kuat dulu baru besar. Sebab jika sudah kuat maka mudah untuk membesarkannya, sebaliknya jika sudah besar sulit untuk menjadikan organisasi itu kuat.
 
Dalam Sarasehan Refleksi Perjalanan, Presiden IIBF, Heppy Trenggono mengemukakan 4 disipilin sukses IIBF; Disiplin Diri, Disiplin Muslim, Disiplin Bisnis dan Disiplin Keuangan. “Satu kata kunci untuk sukses bisnis itu adalah Disiplin. Maka semua anggota dan warga IIBF harus memiliki empat disiplin ini,” kata Heppy sembari menginstruksi kan kepada semua jajaran pengurus untuk menanamkan empat disiplin ini ke semua anggota. Heppy menambahkan, semua gerak dan langkah IIBF itu mengarah pada tujuan IIBF. Empat disiplin ini juga adalah dalam rangka untuk mencapai tujuan itu. “Tujuan kita sebagaimana yang ada dalam AD/ART adalah membangun pengusaha pintar dan taqwa untuk kejayaan bangsa,” tegas Heppy.  
Sementara itu dalam kesempatan acara Berbagi Kebaikan di desa Sriwulan,Demak , Ketua Umum DPW IIBF Jawa Tengah, Joni Iszunaji menjelaskan bahwa acara satu tahun IIBF ini dipusatkan di Semarang sebagai kota kelahiran IIBF. “ Kami dari IIBF Jawa Tengah sebelumnya meminta kepada IIBF Pusat agar satu tahun IIBF diadakan di Semarang. Salah satu pertimbangannya Semarang adalah tempat kelahiran IIBF,” kata Joni. Acara setahun IIBF ini, ungkap Joni diadakan secara sederhana sebagai salah satu sarana untuk konsolidasi pengurus dan anggota. Makanya sebagian besar acara difokuskan ke internal IIBF. Hanya Berbagi Kebaikan saja untuk masyarakat luas sebagai cara para anggota untuk menghidupkan hati.
 
Setahun IIBF ini berlangsung selama empat hari mulai tanggal 6 hingga 9 Agustus 2010 dengan beragam acara untuk para anggota IIBF. Panitia menetapkan thema “ Setahun IIBF : sebuah denyut Kebangkitan Indonesia” (AA)
 
Last Updated ( Wednesday, 11 August 2010 12:53 )