Menjadi Pembelajar Terbaik

  by

Kaliurang, Yogyakarta – Di Indonesia, ada gab sangat besar dalam dunia wirausaha, antara apa yang benar-benar dibutuhkan dalam membangun pelaku usahanya dengan apa yang tersedia dan dipelajari hari ini. Ibarat orang ingin berperang, kita harus tahu perang itu apa, jenis perangnya apa, apa yang dimaksud memenangkan peperangan, bagaimana bisa menang jika tidak memahami tentang peperangan dan menang perang itu apa? Kalau anda memahami bahwa menang perang adalah ketika musuh menyerah, tidak harus mati semuanya kan? Ditambah lagi tahu perangnya jenis apa, dengan sangat mudah anda menentukan strateginya apa yang harus dipakai untuk memenangkan pertempuran, perlengkapan apa saja yang dibutuhkan.

Begitu juga menjadi pengusaha, yang harus dibangun terlebih dahulu adalah karakternya, sayangnya dilapangan yang banyak dijumpai adalah berbicara tentang jurus ini dan itu, metode ini dan itu. Bagaimana akan menggapai kesuksesan jika kita sendiri belum mengetahui apa yang harus dibangun tetapi pengejarannya langsung pada jurus dan metode? Akibatnya apa, sudah mengikuti berbagai workshop dan seminar dari cara cepat, cara mudah bahkan tidak sedikit yang cara gila menghasilkan ini dan itu, sayangnya tidak membawa perubahan signifikan apalagi fundamental, pada akhirnya tidak mengantarkan kita kemanapun, malah membawa banyak persoalan baru yang berdatangan.

Sehingga motivasi, tips dan trik saja tidaklah cukup. Ibaratnya sedang perang tanding, tetapi senjata yang digunakan adalah GPS canggih, atau perang di laut pakainya tank baja. Demikian juga bisnis, kita harus pahami apa itu bisnis? Apa pengejaran dalam bisnis?

IIBF hadir untuk mengisi gab tersebut, yaitu untuk membangun karakter pengusahanya, disini kalian akan diajak memahami bisnis, apa yang harus dibangun terlebih dahulu, apalagi ketika berbicara pengusaha muslim, tentu spesifikasinya lebih berbeda lagi yang dibutuhkan dengan pengusaha biasa dengan tanpa pengejaran pada keredoan Allah swt sebagai bagian dalam pembangunan karakter tersebut.

Maka dalam pembekalan Ambassador Camp Wilayah Jateng & DIY di Griya Persada, Kaliurang, Yogyakarta (28/4), Presiden IIBF Ir. H Heppy Trenggono menegaskan tentang pentingnya pembangunan karakter bagi pengusaha muslim. “Ketika berbicara membangun karakter, maka di IIBF ada 4 disiplin sukses, yang salah satunya kalian diminta untuk memahami tentang menjadi pembelajar terbaik”.

Belajar untuk apa? Belajar untuk mengamalkan di kehidupan sehari-hari. Menurut Presiden IIBF, menjadi pembajar terbaik ada bebera hal yang harus dipahami. Pemahaman menjadi pembelajar terbaik menurutnya ada beberapa aspek, diantaranya adalah:

  1. Memahami apa yang dibangun
  2. Belajar hingga akhir hayat
  3. Tahu kapan mencari, kapan berhenti mencari
  4. Mengenal banyak guru, tahu mana guru yang harus diikuti
  5. Memahami hukum perubahan

Kita akan bahas satu persatu. ANS